Memulai Usaha Kuliner Dengan Menjadi Reseller Makanan

Dipublikasikan Oleh pada 26 December, jam 05 : 00 AM Print

Memulai Usaha Kuliner Dengan Menjadi Reseller Makanan

PempekEnak.comBekerja merupakan salah satu alternatif untuk mendatangkan uang, namun tidak semua orang dapat memanfaatkan kesempatan ini, baik karena terbatasnya ketersediaan lapangan pekerjaan atau karena kurangnya kualifikasi untuk jenis pekerjaan yang tersedia.

 

Cara lain untuk mendapatkan uang adalah dengan masuk ke bisnis yang saya percaya lebih baik dan pilihan yang lebih menjanjikan. Seperti setiap upaya dalam hidup, memulai adalah bagian yang paling berat untuk dilakukan. Penundaan adalah hambatan pertama kita yang harus kita atasi. Kita mungkin memiliki ide yang baik tetapi tetap saja ide, sampai kita melakukan sesuatu yang nyata tentang hal itu.

 

Jika anda memilikki peminatan untuk memulai usaha makanan, ini sudah merupakan inspirasi yang bagus. Bisnis ini menawarkan prospek yang sangat menjanjikan bila kita bisa mengelola dengan baik dan tepat, karena suka atau tidak suka makanan merupakan kebutuhan pokok kita sehari-hari dan setiap hari seluruh dari kita membutuhkannya.

 

Selain industri pakaian, salah satu industri yang menjanjikan dan tak pernah sepi dari konsumen adalah bisnis kuliner. Ini didukung oleh meningkatnya kepadatan penduduk dan gaya hidup yang memaksa segala sesuatunya serba praktis. Alhasil, bisnis makanan terus bermunculan di sepanjang jalan bak cendawan di musim hujan.

 

Di tengah menjamurnya hidangan cepat saji dan restoran modern, bisnis Pempek masih sangat menjanjikan. Prospek pasarnya besar dan terus meningkat. Industri kuliner yang paling menonjol berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini adalah makanan modern yang mengusung konsep cepat saji. Makanan ini seperti burger, piza, pasta, dan donat.  Meski demikian, kuliner khas daerah Sumatera Selatan ini tak pernah kehilangan pamor dan pasarnya. Lihat saja, penganan khas daerah itu tak hanya bisa dijumpai di pasar tradisional namun juga di pusat perbelanjaan modern seperti mall dan supermarket.

 

Bagaimanapun rasa Sajian khas kota sungai Musi ini yang khas paling sesuai dengan lidah orang Indonesia. Peluang bisnis Pempek masih terbuka lebar karena negeri ini terdiri dari banyak daerah dan beragam suku. Dan, setiap daerah itu punya sajian dengan keunikan tersendiri. Selain itu, kebanyakan masyarakat negeri ini suka merantau ke daerah lain. Di tempat perantauan, orang tetap mengingat kampung halamannya. Salah satu obat penyalur rasa kangen tersebut mencicipi penganan tradisional dari daerah asalnya tersebut. Biasanya permintaan makanan dari kota yang terkenal dengan jembatan Ampera ini akan melonjak tajam pada momen-momen tertentu, seperti bulan puasa.

 

Sebelum memulai usaha Pempek sebaiknya anda mempertimbangkan model usaha yang akan anda geluti, apakah anda akan membuka warung, restoran atau anda bisa memanfaatkan media internet guna memasarkan produk atau menu yang anda tawarkan. Tapi, ada pertimbangan yang harus diperhatikan agar bisnis itu bisa sukses. Ada beberapa aspek yang harus anda evaluasi sebelum terjun ke industri kuliner ini, yaitu:

 

PRODUK

Kejelian anda dalam menentukan barang dagangan yang akan anda jual merupakan langkah awal yang baik bagi kelangsungan usaha anda. menetapkan produk yang unik merupakan suatu keharusan guna meminimalisir persaingan, tetapi bukan berarti anda harus memilih produk yang benar-benar baru karena ini bisa menjadi boomerang. Produk baru yang belum tentu bisa diterima masyarakat baik dari segi rasa serta ketersediaan bahan baku.

 

CITA RASA

Untuk memulai usaha kuliner khas daerah itu tidaklah sulit. Anda dapat mengetahui cara pembuatannya secara mudah melalui buku, majalah, atau media online. Sedangkan bahan bakunya bisa diperoleh dari pasar tradisional. Namun, jika ingin menjaga cita rasa, kita dapat mendatangkan langsung bahan bakunya dari daerah asalnya.

 

Bahkan, jika tidak memilikki waktu atau tak mampu membuatnya sendiri, Anda bisa mengambil barang dagangan tersebut langsung dari produsen untuk kemudian dijual kembali kepada konsumen. Keuntungannya, Anda tidak perlu repot memikirkan proses pembuatan hingga mengolah bahan bakunya.

 

Keuntungan lainnya, pedagang bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak daripada produsen Pempek itu sendiri. Produsen yang menjual produknya ke pedagang biasanya cuma mengambil untung bersih 10% s/d 25% dari harga jualnya. Adapun pedagang bisa menjual 40% s/d 100% di atas harga beli kepada para konsumen.

 

LOKASI DAN MODAL

Dalam bisnis ini, lokasi merupakan aspek penting guna meraih kesuksesan. Lokasi  akan menggambarkan segmen market yang akan dibidik. Selain itu, lokasi menentukan besaran modal yang harus disiapkan, jenis makanan yang disediakan berikut margin.

 

Untuk menentukan lokasi yang tepat anda harus melakukan survei terlebih dahulu, guna mengetahui potensi pasar dan memastikan produk yang dijajakan itu sesuai dengan minat beli masyarakat di sekitarnya. Ini juga bertujuan mengetahui kondisi persaingan di area tersebut. Maklum, kompetisi ketat sedikit menyulitkan bagi perkembangan usaha yang baru dimulai.

 

Adapun lokasi untuk menjajakan salah satu hidangan tradisional kota Palembang ini yaitu pasar tradisional, pusat perbelanjaan modern atau mal, di pinggir jalan raya, atau di dalam kompleks perumahan. Setiap lokasi tersebut tentu memiliki potensi serta biaya tersendiri.

 

Untuk gerai di pusat perbelanjaan modern atau mall, misalnya, Anda mungkin harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 4 juta hingga Rp 8 juta per bulan. Selain itu, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk merenovasi sedikit gerai tersebut agar terlihat lebih menarik dan Anda juga perlu menyiapkan etalase serta membeli peralatan.

 

Bila Anda memilih pasar tradisional, maka biaya yang dibutuhkan tentu lebih rendah. Sebab, biaya sewa lapak relatif lebih murah dan tidak perlu melakukan renovasi. Keunggulan pasar tradisional adalah pengunjungnya selalu ramai oleh pembeli (bukan sekedar jalan-jalan seperti di mall).

 

SUPPLIER

Dalam industri apa pun, dituntut kejelian untuk membaca selera pasar. Begitu pula dalam usaha Pempek ini, jenis makanannya harus sesuai dengan segmen pasar yang dituju agar mampu memuaskan konsumen.

Yang penting adalah Anda harus menjaga mutu dari produk tersebut dan Anda perlu juga memastikan kelangsungan pengadaan Pempek tersebut dari si pemasok. Jangan sampai pelanggan kecewa lantaran lantaran pasokannya terhenti.

Faktor pasokan tidak menjadi masalah bila Anda memutuskan untuk memproduksi sendiri. Konsekuensinya, Anda repot menyiapkan dagangan itu sejak dari mencari bahan baku, mengolah, hingga menjualnya.

 

 

HARGA DAN PEMASARAN

Harga jual tidak sekadar ditentukan oleh biaya operasional atau keuntungan yang ingin dicapai. Harga juga mencerminkan target pasar yang dibidik, harga yang tinggi tentu tidak cocok untuk semua kalangan masyarakat dan harga yang rendah akan membuat segmen pasar yang dibidik bisa semakin luas.

 

Dalam bisnis Pempek ini, Anda tidak bisa berspekulasi dengan harga tinggi  untuk meraih segmen pasar menengah-atas, banyak pelaku usaha bisnis Pempek ini menawarkan harga murah, terutama di pasar-pasar tradisional.

 

Lantaran banyak pemain yang menawarkan harga murah, Anda harus mempromosikan usaha tersebut agar dikenal oleh masyarakat. Masalahnya, mempromosikan usaha Pempek itu susah-susah gampang. Promosi juga bisa dilakukan melalui jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter dan seperti diketahui interaksi masyarakat di dunia maya saat ini sudah menjadi trend.

 

Untuk memudahkan pelanggan mengingat produk yang dijajakan, cara lainnya adalah membuat kemas-an yang menarik. Strategi ini bisa membedakan dagangan Anda dengan pemain lainnya dan memikat konsumen.

 

Setelah menjalankan promosi, proses pemasaran produk ini semakin gampang karena sudah banyak yang mengenal produk Anda. Untuk meningkatkan pemasaran, Anda bisa mengaktifkan layanan antar alias delivery order, agar bisa memberikan jasa ini dan menguntungkan, Anda perlu mematok pembelian minimal.

 

Setelah berjalan, jangan lupa menjaga  komunikasi dengan para pelanggan lama. Pasalnya, permintaan Pempek memang tinggi tetapi permintaan tersebut belum tentu datang setiap hari. Nah, jika menjaga komunikasi dengan konsumen lama maka mereka akan memiliki dedikasi pada produk yang Anda jual.

Bisnis Makanan , ,

Related Posts

Comments are closed.

Tentang Kami

CentralBisnis.Com adalah sebuah website yang membahas tetang peluang usaha sampingan dan bisnis rumahan yang diharapkan dapat menginspirasi pembacanya.